Jumat, 18 September 2009

cari spare part langka dan murah

Berburu Komponen Langka

224601-komponen-lama.jpgPemilik motor lawas dan berkapasitas besar, memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan komponen. Biasanya, mereka mengunjungi pusat kegiatan bikers atau pameran motor. Di pameran dan pusat kegiatan ini kumpul komunitas penggemar motor seken lawas dan juga motor gede lawas. Salah satunya, Otobursa Tumplek Blek, yang tiap tahun diadakan di Senayan, Jakarta.Pada gelaran ke-10 yang berlangsung pada 2-3 Mei 2009 lalu, Kali ini MOTOR Plus akan memaparkan para penjual beberapa komponen lawas, termasuk alamat dan nomor kontaknya. Jika kebetulan butuh atau mau cari part khusus, silakan hubungi mereka.

HENDRIX : BISA BELI BISA BARTER
224702-hendrik-maci-01---dok.jpg
Tepatnya di desa Cowe Purwodadi, brother ini bisa ditemui. Atau, ia biasa datang saat ada Jambore Motor Antique Indonesia (MACI) dan beberapa pesta bikers yang dianggapnya relevan dan berpotensi ada transaksi.

Soal koleksi dan dagangan yang diilikinya lumayan lengkap. Dari mulai blok mesin, piston, ring piston, klep berbagai varian motor dan jika beruntung sebongkah motor utuh.

Hendrix termasuk serius nekunin bidangnya. Lewat ‘pasukan’ mata-mata se-antero Jawa, dia dapat kabar adanya komponen atau mesin motor tua. Malah, dia sendiri terjun berburu barang sampai pelosok. “Kalau ada waktu saya juga pergi ke Sumatera, Bali sampai Kalimantan,” ceritanya.

Strategi beli barangnya juga unik. Selain sistem jual putus sama pemilik, dia juga menerapkan jualan cara bikers. “Banyak penikmat motor antik punya barang yang saya mau. Sebaliknya, dia perlu barang yang saya punya. Nah, duit nggak main di sini. Kita sistem barter, walau secara nominal barang yang dia butuh nggak semahal barang yang dia punya,” cerita Hendrix.

Dari situ aja, koleksi barang yang dimiliki makin lengkap. “Itulah gunanya punya teman banyak,” jelas pria bernomor telepon (0343) 613276 ini.

JMS - X MODIFIiCATION - NEO BURSA : SPORT SAMPAI SKUBEK


224803-neo-bursa-hendra.jpgLimbah moge dan skuter Eropa masih menjadi incaran banyak pihak. Khususnya modifikator dan peminat modifikasi tentunya. Mulai dari pelek, arm sampai ke urusan bodi. Memang pemainnya enggak terlalu banyak karena sudah ‘dikuasai’ beberapa pemain senior.

“Sekarang limbah bodi big matic dari Eropa juga mulai banyak yang cari, mungkin buat modifikasi,” kata Budi Udin Fakkar dari Jatayu Motor Sport (JMS) yang sempat pajang bodi kanopi dari Benelli di Otobursa Tumplek Blek kemarin. Juga ada limbah Suzuki Brugman dan Yamaha Majesty.

Ada lagi Robin dari X Modification Bike Shop yang lebih banyak bermain di limbah trail. “Up-side down trail kayak KTM gitu lagi laris, juga pelek dan armnya,” kata pria berambut lurus ini. Selain itu detail bodi juga banyak peminatnya seperti sein, head lamp sampai jok.

Begitu juga dengan NeoBursa di wilayah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pelek, ban dan sejumlah limbah dari motor gede juga tersedia. Mereka ini lumayan mendapat sambutan saat gelaran Otobursa Tumplek Blek 2009 kemarin. Satu hal yang pasti untuk peminat, engak ada patokan harga yang baku untuk komponen seperti ini. “Berikut alamat lengkap beserta nomor kontak yang bisa disambangi jika berminat: JMS, Jl. Tubagus Angke, Komplek THI Blok Q No.29, Jakarta Barat Telepon (021) 56960025. X Modification Bike Shop, Jl. Mangga Besar 9, No.28GG, Jakarta Barat. Telepon: (021) 6599505. NeoBursa Jl. M. kahfi I, No.1A, Jagakarsa, Jakarta Selatan Telepon: (021) 70728086.

AGUS ANJING : PRODUK JEPANG DAN INGGRIS

Nama alias bukan berkonotasi kasar, Bro! Tapi beliau memang dokter hewan yang sering menangani hewan cerdas ini. Dalam kehidupan lainnya, dia beken sebagai pedagang barang atau komponen motor langka.

“Selain berdagang di Lingkar Luar Barat Ruko, No 2E, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, gue juga bisa dihubungi lewat internet di situs classic motorcycle atau kaskus bagian otomotif mobil dan motor antik,” jelas Agus.

Soal barang yang dijual cukup bervariasi. Daleman mesin kebanyakan gigi persneling Jepang dan Inggris lawas. Baju-baju motor antik juga tersedia.

Ada milik KZ 200 alias Kawasaki Binter Merzy, produk Yamaha, Suzuki dan varian lain. “Harga murah meriah, dalam kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 300-an ribu tergantung barang,” jelas Agus.

Sama dengan lainnya, ia juga melayani pemesanan khusus.”Jika perlu sesuatu saya bisa carikan. Tinggal kontak ke (021) 92762975,” tutupnya. Siiip!

MOMON : KOMPONEN MOGE LAWAS
224904-momon-hendra.jpg
Pemilik moge lawas seperti Zundapp, Harley-Davidson, Matchless, Ariel yang kesulitan cari komponen, silakan berhubungan dengan Momon. Doi merupakan spesialis barang lawas yang berdomisili di Jl. Bojong Loa, No.7, Bandung, Jawa Barat.

Salah seorang pelanggan yang kebetulan mencari komponen Harley-Davidson, forty five terlihat gembira saat barang yang dibutuhkannya ada di lapak Pak Momon.“Saya lagi mencari gir alternator motor saya. Selain mencari di ajang ini, saya juga mencari lewat situs internet yang menawarkan komponen bekas,” jelas Guntar.

Komponen lawas Pak Momon tidak hanya barang seken, namun juga barang baru. “Ada barang lawas baru. Dibikin sama pabriknya yang sudah tutup,” papar pria yang sehari-hari berjualan di rumah. Pelanggannya kebanyakan merupakan orang yang telah dikenalnya dari mulut ke mulut.

“Mereka suka datang ke rumah langsung. Tentu supaya bisa memilih barang yang diperlukan. Bahkan ada yang datang langsung dari Jawa Timur. Untuk pemilik motor lawas yang jauh, juga bisa pesan barang yang diperlukan. Telepon saja dulu,” jelas pria yang menyodorokan nomornya di 0856-2186-495.

YAYA ROUNTANK : SEMUA ADA

225005-yaya-roundtank---isfan-.jpgBuat bikers yang ada di Tatar Priangan, silakan jalan-jalan ke Bandung. Jelas bukan untuk belanja ke FO alias factory outlet. Melainkan berburu komponen motor langka. Beberapa tipe komponen dan variasi langka bisa didapat. Silakan jeje’el ke daerah Pajagalan, Astana Anyar Bandung mulai jam 6 pagi sampai siang. Di zona ini banyak sekali pedagang barang langka termasuk variasi dan daleman motor lawas, Inggris, Italia, dan Jerman.

Salah satu punggawanya Yaya Rountank yang membuka lapak di Astana Anyar Bandung. “Kami menjual daleman motor lawas lansiran Inggris, Jepang, Italia, Jerman dan lainnya. Tak cuma mesin, variasi-variasi jadul orisinal juga ada tersedia. Jika ada pesanan khusus kami carikan asal sabar menunggu,” jelas brother asal Bandung Selatan ini.

Soal harga jual ia mengaku masih bisa nego. “Tergantung susah-gampang atau langka tidaknya barang dimaksud. Variasi kecil ada yang berharga Rp 5.000 sampai angka jutaan,” katanya lagi.

Untuk pemesanan khusus ia memberikan nomor telepon di (022) 91575423 atau 0813-2157-83586. “Sok atuh kontak-kontakan,” tutup Yaya.

HARY SETIAWAN : PENYEDIA PART HONDA LAWAS

Kalau kesulitan cari variasi Honda lawas, lain dan beberapa produk Inggris, silakan kontakan sama brothers satu ini. “Kalau sekarang banyak produk Jepang! Produk Inggris kebanyakan untuk katagori slow moving, duitnya susah muter tapi ada beberapa,” jelas Hary.

Tapi untuk kasus khusus, ia melayani pemesanan. ”Nanti aku carikan kalau memang perlu,” jelasnya lagi. Soal item lumayan banyak. Untuk produk Honda, ia menyediakan milik CB, C-70 dan beberapa varian lain. “Harga juga masuk akal,” promosi Hary lagi.

Masalahnya, barang yang didapat sangat langka dan memang sulit diburu. “Jadi sulit untuk menentukan harga pasti. Yang jelas saat berburu, harganya memang berbeda antara tempat satu dan lainnya. Makanya saat dijual harga jadi bervariasi dan tidak tetap,” jelas brothers ngendon di Jl. Kalibata Timur I, No. 25, Jakarta Selatan. Kontak doi di 0815-1671-137.

BONAR:KOMPONEN VESPA LAWAS
225106-bonar-hendra.jpg

Kalau kesulitan mencari komponen Vespa lawas, skuteris bisa mencari apa yang dimau di Jl. Cibatu, No. 4, Antapani, Bandung, Jawa Barat.

Di sana berdomisili Bonar. Doi merupakan pedagang khusus spare-parts Vespa lawas. “Saya punya banyak barang orisinal PTS dan Vespa special,” jelas pria ramah ini.

Misalnya, karburator seken Dell’Orto yang dibanderol Rp 350.000. Untuk spion Piaggio orisinal kuranglebihRp700.000.

Menurut Bonar, untuk skuteris yang berada di luar Bandung, bisa juga melakukan transaksi. “Kontak aja dulu, barang apa yang diinginkan. Kalau ada tinggal tawar harga,” jelas cowok yang bisa dikontak di (022) 70212076.

Pada gelaran Otobursa 2-3 Mei lalu, Bonar mengaku dapatkan banyak permintaan seperti spidometer asli dan emblem Vespa.

HERY : VARIAiSI KONDOM

225207-d-custom-(heri)-hendra.jpgPemilik motor seperti Yamaha V-ixion, Suzuki Thunder, Honda Tiger, Bajaj Pulsar, bisa membuat motor sportnya jadi lebih kekar. Itu karena D-Custom memang merupakan workshop yang membuat peranti variasi itu.

“Seluruh pernati motor sport bisa kami buatkan,” jelas Hery, pemilik D- Custom. Workshop yang beralamat di Jl. Ikan Hias, No. 38, Condet, Jakarta Timur ini dulunya membuat peranti braket untuk beberapa komponen. “Sekarang, sudah tidak bikin braket, karena, sudah banyak yang bikin,” ungkapnya.

D-Custom membuat kondom alias cover “Bahan dari pelat besi tebal sekitar 2-3 mm,” jelas Hery. Hery mengakui saat ini ia sampai kebanjiran order dari konsumen juga beberapa toko variasi. “Bisa pesan per bagian atau satu set komplet,” jelas pria yang bisa dicall lewat 0811-863-342.Handguard ditawarkan Rp 225 ribu, engine guard Rp 250 ribu, cover engine Rp 275 ribu, arm cover Rp 150 ribu dan cover sok Rp 175 ribu.


Berburu barang di pedagang lapak daerah justru lebih lengkap. Jogja dan Surabaya punya banyak pasar lapak. Apalagi motor lawas Jepang masih beroperasi di sana. Populasinya juga lebih banyak katimbang Jakarta.

“Di sini paling banyak dicari onderdil bekas motor tua seperti tangki Honda CB, tutup aki CB, lampu CB, Honda C-70, C-70, batok Vespa, knalpot Honda CB, knalpot C-70. Tapi onderdil barang baru juga ada,” Kata Misbah dan Faizal pemilik kios Langgeng Laris di Jl. Jejeran, No.13, Pleret, Bantul, Jogja. Telepon (0274) 9191669.

Sementara M. Lutfi mengatakan untuk tangki lawas orisinal Honda CB dijual antara Rp 300 ribu - Rp 400 ribuan. Sedangkan pedagang lapak di Surabaya penjualnya terpusat di kawasan Dukap Rukun. Mereka menawarkan komponen bekas motor tua mulai dari produk Jepang sampai Italia. Mulai dari Vespa, C-70, Astra 69. “Kebanyakan onderdil batok Vespa, itupun saya jual pada tahun tertentu yang diburu,” papar Haji Bakri yang beralamat di Jl. Simorejo Sari B, Gang XI/23 Surabaya. Telepon (031) 72570224.

0 komentar: